Siistem Operasi Multi User

Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan apa yang di maksud dengan sistem operasi single-user dan kali ini saya akan menyampaikan sistem operasi multi-user.

Apakah yang dimaksud dengan sistem operasi multi-user?

Sistem operasi multi-user adalah sistem operasi yang memungkinkan pengguna lebih dari satu dalam mengakses sistem komputer dalam waktu yang bersamaan. Dimana untuk mengakses komputer biasanya dilakukan melalui jaringan, sehingga para user dapat mengakses komputer dari jarak jauh menggunakan terminal atau komputer lain.
sistem operasi multi user
Sekarang ini bentuk terminal biasanya dibangun dari PC biasa dan menggunakan jaringan untuk mengirim dan menerima informasi dari sistem komputer multi-user. Contoh dari sistem operasi multi-user diantaranya yaitu UNIX, Linux, IBMAS400, Windows NT Server, dll.
Sistem operasi Multi-user berarti sistem operasi yang mempunyai perbedaan yang jelas antara pengguna. Pengguna tidak mampu menghancurkan file masing-masing, dan pengguna unprivleged tidak bisa membuat perubahan pada sistem itu sendiri, seperti menginstal perangkat lunak baru.
Di bawah ini adalah beberapa fitur sistem operasi multi user yang tidak tersedia di system operasi single user
-    Waktu berbagi (CPU mencurahkan waktu untuk semua pengguna dalam mode round robin)
-    Sumber Daya bisa berbagi di antara pengguna satu dengan yang lainnya.
-    Sistem administrator hak istimewa, karene bisa digunakan lebih dari satu pengguna
-    Mempunyai Fitur keamanan ketat jika dibandingkan dengan sistem operasi single user
Beberapa contoh sistem operasi multi user yaitu Linux, Ubuntu, Unix, VMS dan lain-lain.
Demikian apa yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini mengenai Sistem operasi multi-user. Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat menambah pengetahuan anda mengenai sistem operasi.

No comments:

Post a Comment