Istilah dalam MS-DOS

Setelah sebelumnya saya telah membahas pengertian Ms Dos, kali ini saya akan membahas mengenai Istilahdalam MS-DOS.

Program
Biasanya disebut sebagai perangkat lunak, program aplikasi atau aplikasi. Programadalah sekumpulan perintah atau instruksi yang ditulis oleh seorang programer dalam bahasa pemrograman komputer yang disimpan dalam bentuk file yang digunakan untuk memerintahkan komputer untuk menjalankan suatu program.

Direktori
Merupakan suatu daftar isi dari suatu disk/ media penyimpanan seperti hardisk/ memori. Di dalam direktori disimpan informasi penting mengenai file yaitu nama file, ukuran file dan tanggal modifikasi terakhir. Direktori tidak menutup kemungkinan terdapat direktori di dalam direktori.

Nama Drive
Terdiri dari satu huruf diikuti dengan titik dua. Berfungsi sebagai penunjuk suatu media penyimpanan. Untuk memberitahu MS-DOS tentang suatu file Anda perlu mengetik nama drive sebelum nama file nya.
Contoh            : A :test.doc

Drive dan Prompt MS-DOS
Prompt merupakan tanda kesiapan untuk menerima perintah, tanda ini umumnya dirangkai sesudah nama drive default.
Contoh            : A:>_

File
Bisadiibaratkan sebagai map yang berisi arsip. File merupakankumpulan informasi yang saling berinteraksi. File bisa berupa perintah-perintah (file program) atau dapat berupadata / informasi (file data),

Nama File
Terdiri dari dua bagian yaitunama file dan ekstensi. Bagian pertama dapat berisi satu hingga delapan karakter dapat menggunakan huruf kapital atau huruf kecil. MS-DOS secara otomatis akan mengubahnya menjadi huruf kapital.
Bagian kedua menunjukkan jenis file (ekstensi), walaupun sifatnya optimal tetap sebaiknya ekstensi tetap digunakan. Ekstensi terdiri dari satu hingga tiga karakter.

Pesan Kesalahan
MS-DOS akan menampilkan pesan kesalahan apabila Anda atau komputer anda membuat kesalahan saat memakai peralatan atau memberi perintah. Untuk mengambil langkah tindakan lebih lanjut, Referensi pada daftar pesan kesalahan dalam file help.

Memori
Adalah media penyimpanan yaitu tempat informasi aktif disimpan dalam komputer. Jika Anda menjalankan program, MS-DOS menyimpan program itu dan file yang dipakainya ke dalam memori.
Demikian penjelasan singkat mengenai istilah dalam MS- DOS, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi sistem operasi.

No comments:

Post a Comment