Pengertian, Contoh Makalah Hipertensi

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Pengertian Hipertensi
Penyakit darah tinggi atau hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka angka diastolic (bagian bawah) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.Menurur WHO, batas tekanan darah normal adalah bila tekanan darah kurang dari 130/85 mmHg, sedangkan bila lebih dari 140/90 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi (Mahannad Shadine, 2010: 5).
Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai” silent killer”, sebab seseorang dapat mengidap hipertensi selama bertahun-tahun tanpa menyadari sampai terjadi kerusakan organ vital yang cukup berat yang bahkan dapat membawa kematian(M.adib, 2009: 69).
Menurut AHA (American Heart Association) di Amerika, Tekanan darah tinggi ditemukan satu dari setiap tiga orang atau 69 juta orang dan 28 % atau 59 juta orang mengidap  prehipertensi. Semua orang yang mengidap hipertensi hanya satu pertiganya yang mengetahui keadaannya dan hanya 61% medikasi.Dari penderita yang mendapat medikasi hanya satu- pertiga mencapai target darah yang optimal/normal(Mahannad Shadine, 2010:9).
Sebanyak 1 miliar orang di dunia atau 1 dari 4 orang dewasa menderita penyakit hipertensi.Bahkan, diperkirakan jumlah perkirakan jumlah penderita hipertensi akan meningkat menjadi 1,6 miliyar menjelang tahun 2025 (Mahannad Shadine, 2010: 12).
Di Indonesia belum ada data nasional namun, pada studi MONICA 2000 di daerah perkotaan Jakarta 2000-2003 di daerah Lido hanya sebagian kecil yang menjalani pengobatan masing-masing 13,3% dan 4,2%. Jadi di Indonesia masih sedikit sekali yang menjalani pengobatan(Mahannad Shadine, 2010:10).