Cara membersihkan gambar thumbnail cache di explorer windows 7 dan Vista

Secara default Windows 7 akan menyimpan sebuah salinan dari semua gambar, video, dan dokumen thumbnail sehingga ketka anda membuka folder, file-file tersebut bisa ditampilkan dengan cepat.
Untuk membersihkan/menhilangkan Gambar thumbnail preview ini dapat anda lakukan dengan menghapus database thumbnail , jangan khawatir windows bermasalah karena windows akan membuatnya kembali jika diperlukan.
Beberapa manfaat menghapus thumbnail yaitu:
1. Unguk menambah ruang kosong hardisk kaena mengurangi isi database thumbnail di explorer windows 7.
2. Untuk keamanan data pribadi supaya tidak diakses oleh orang yang tidak anda inginkan (Menghilangkan gambar screenshot otomatis windows).
Contohnya anda memiliki foto kwitansi pembayaran palsu, melalui windows explorer anda telah menghapus foto kwitansi tersebut, namun foto yang lainnya di dalam folder yang sama tidak anda hapus, (tanpa anda sadari windows telah merekanm screenshot gambar tersebut dan menyimpananya di dalam database thumbnail).
Sehingga ketika di kantor anda mencoba menunjuakkan file-file kwitansi tersebut kepada bos anda, tanpa sadari ketika membuka explorer masih muncul foto kwitansi palsu tersebut di thumbnail foldernya. Akhirnya anda ketahuan bohongnya. Itu merupakan suatu contoh sederhana saja.
Thumbnails di windows xp akan disimpan dalam folder file yang bersangkutan, tetapi jika pada windows vista dan windows 7 folder file dan thumnails dipisah, letak thumbnail akan disimpan pada sebuah database seperti gambar berikut ini:
membersihkan gambar thumbnail cache di explorer windows 7 dan Vista

Salah satu cara yang dapat anda lakukan uantuk Membersihkan Thumbnail Cache Windows 7 adalah menggunakan Disk Cleanup, berikut ini adalah caranya:
1. Start -> pada kotak search ketik disk cleanup.
membersihkan gambar thumbnail cache di explorer windows 7 dan Vista

2. Setelah itu pilih drive yang ingin dibersihkan.
membersihkan gambar thumbnail cache di explorer windows 7 dan Vista

3. Selanjutnya centang pada Thumbnails, kemudian Klik OK maka thumbnail akan mulai dibersihkan.
membersihkan gambar thumbnail cache di explorer windows 7 dan Vista

Itulah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan mengenai Cara membersihkan thumbnail cache di explorer windows 7 dan vista.

No comments:

Post a Comment