Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Setelah selesai melakukan partisi hardisk di windows terkadang terdapat permasalahan yaitu partisi tidak terdeteksi oleh windows explorer. Masalah tersebut dapat terjadi dapat disebabkan oleh beberapa factor, misalnya disebabkan proses partisi yang kurang sempurna, bug software partisi, bad sector hardisk, compatibilitas file system, dan lain-lain. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7.
Terkadang terdapat beberapa kasus yang ditemukan, yang mungkin prenah dialami oleh teman-teman:
1. Pada Komputer menggunakan 1 hardisk , Ketika partisi hardisk dibuat 4 partisi drive (volume), tetapi ketika di buka menggunakan windows explorer hanya terdeteksi 2 atau 3 partisi saja
2. Pada komputer yang terpasang 2 buah hardisk dimana setiap hardisk terdapat 3 partisi , hardisk pertama semua partisinya terdeteksi di windows explorer, tetapi pada hardisk kedua hanya terdeteksi oleh windows explorer 1 atau 2  partisi saja.
Jika anda mengalami masalah seperti di atas, dapat memanfaatkan salah satu software gratis Partition Find & Mount. Software tersebut dapat memperbaiki partisi hardisk  yang tersembunyi (hidden partition)
Pemakaian software tersebut tidaklah sulit anda cukup melakukan scanning secara otomatis software akan mendeteksi partisi yang terdapat di. Jika ingin mendownload software tersebut klik disini: partition software
Mungkin bagi teman-teman yang masih pemula masih kebingunan dalam menggunakannya, silahkan simak prosedur penggunaan software Partition Find and Mount:
1. Install software tersebut di komputer anda. Jika sudah jalankan software Partition Find and Mount, maka tampilannya akan seperti berikut ini:
Klik salah satu drive, pada contoh ini terdapat 2 hardisk , yang berkapasitas 1 TerraByte dan 160 GB
Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

2. Pilih salahsatu hardisk , pada contoh praktek ini digunakan hardisk yang berkapasitas 160 GB
Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Terdapat beberapa macam pilihan metode scan:
a. Intellingent scan: metode ini direkomendasikan oleh pembuat program, proses scan cepat tetapai dalam proses ini kadang kala pencarian partisi kurang maksimal.
b. Normal Scan: pilihan ini proses scanning sedikit agak lambat, pilihan ini dapat digunakn apabila hidden partisi tidak terdeteksi oleh metode Intelligent scan
c. Through Scan: Jika dibandingkan proses scanning di atas proses ini lebih lama karena proses scanning ini secara detail, proses ini melakukan pencarian pada semua area drive secara terperinci.

3. Pilih Intelligent Scan, sampai proses scanning 100%
Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Bagian Visible partition: partisi /drive yang tampil di windows explorer
Bagian Found partition: partisi yang tidak tampak pada windows explorer
Pada bagian Found partition pilih Partition1 , kemudian klik kanan lalu pilih Mount As..
- Di bagian Select drive Letter pilih J
- Beri tanda Centang Open volume in Windows Explorer
- Pilih OK
Cara memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7

Apabila proses mounting sukses, partisi secara otomatis akan tampil di windows explorer
Itulah Cara Memperbaiki partisi hardisk yang tidak terdeteksi di explorer Windows 7.

No comments:

Post a Comment