Cara merekam tampilan bios atau proses instal windows

Mungkin ada diantara teman yang sering melihat gambar tampilan bios, safe mode , proses instalasi, proses loading windows, ada beberapa teman yang menanyakan tentang cara capture, sreenshot atau merekam tampilan bios dan proses install windows tersebut. Jika sudah login ke windows, maka tampilan di layar bisa direkam dengan menggunakan perintah printscreen, tetapi bagaimana dengan tampilan sebelum login ke windows, tampilan bios, dan proses install windows.
Diantara taman-teman mungkin peranah melihat gambar tampilan bios, safe mode, proses loading windows, proses instalasi, dan mungkin anda bingung bagaimana cara capture, screenshot atau merekam tampilan tersebut. semua tampilan yang ada di layar komputer bisa di capter/ derekam menggunakan perintah printscreen jika sudah login ke windows, tapi bagaimana cara mengcapture/ merekam jika tampilan sebelum login, misalnya tampilan bios dan tampilan install windows.

Terdapat beberapa software yang dapat di gunakan untuk merekam tampilan bios dan proses install windows, salah satunya yaitu Microsoft Virtual PC 2007, software ini dapat berjalan baik di windows 7 tetapi belum saya coba di Windows XP dan  Windows Vista.

Cara untuk merekam tampilan proses instal windows atau tampilan DOS adalah sebagai berikut:
Buka windows kemudian jalankan aplikasi Microsoft Virtual PC, maka akan terbuka sebuah jendela (window) baru Virtual PC , kemudian  klik tombol Start atau Run Virtual PC selanjutnya ketika proses booting di Virtual PC tekan tombol delete maka akan muncul halaman bios, atur booting dari CD, masukkan CD (misalnya CD Windows, CD Boot lainnya) yang bisa boot ke CD-Drive. kemudian ketika booting di Virtual PC tekan enter, maka akan muncul tampilan seperti ketika anda sedang menginstal software.

Untuk merekamnya gunakan tombol printscreen pada keyboard. tampilan yang pernah saya rekam menggunakan Microsoft virtual PC dapat anda  lihat disini:
merekam (screenshot) tampilan dos

Bagi anda yang ingin mencoba menggunakan Software versi trialnya dapat dicari di indowebster atau di situs microsoft.

Terdapat beberapa persyaratan supaya software Microsoft virtual PC dapat berfungsi di komputer, yaitu: Processor harus mendukung Virtualization Technology, jika menggunakan processor AMD keterangannya bisa dilihat di: AMD Virtualization Technology. jika menggunakan processor Intel keterangannya bisa dilihat disini: Intel Virtualization Technology.
Itulah penjelasan singkat tentang Cara merekam tampilan bios atau proses instal windows semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment