Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.4

Beberapa fitur baru dari versi Tiger ini yaitu Spotlight, fitur system pencarian cepat, versi baru dari Safari web browser, Dashboard, tema 'Unified' baru, dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s.

Mac OS X v10.4 "Tiger" terdapat semua hal baru dari computer Macintosh, dan juga tersedia versi upgrade untuk pengguna Mac OS X yang ada, atau user yang menggunakan pra-Mac OS X. Edisi server, Mac OS X Server 10,4, juga tersedia untuk beberapa produk Macintosh. Tiger juga merupakan versi pertama dari setiap system operasi yang dirilis Apple untuk berjalan pada arsitektur mesin Apple-Intel (komputer Apple menggunakan prosesor x86). Apple TV, seperti dirilis pada bulan Maret 2007, dilengkapi dengan versi Mac OS X v10.4 yang disesuaikan dengan brand "Apple TV OS" yang menggantikan yang antarmuka pengguna grafis (graphical user interface)  dengan versi update dari Front Row.

Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.4 “Tiger”
Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.4 Tiger memiliki lebih dari 200, termasuk:
Spotlight – Spotlight merupakan mesin pencarian metadata, yang dapat mencari apapun mulai dari dokumen Word sampai kalender iCal juga Buku Alamat, serta semua teks dalam file PDF. Fitur ini juga digunakan untuk membangun konsep smart folder ke dalam Finder. Spotlight akan menampilkan file yang telah disimpan, sehingga user dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari sebagaimana yang diinput dalam text box yang disediakan.

iChat AV - iChat AV 3.0 baru di Tiger mendukung sampai empat partisipan dalam konferensi video dan sepuluh peserta dalam konferensi audio. iChat AV juga mendukung komunikasi menggunakan Jabber protokol. Server Jabber disebut Server iChat disertakan pada Mac OS X Tiger Server.

Safari RSS - web browser Safari 2,0 di fitur Tiger memasukkan pembacaan untuk RSS dan sindikasi web Atom yang dapat diakses dengan mudah dari tombol RSS dalam kolom alamat dari jendela browser. Versi update dari Safari, dimasukkan sebagai bagian dari Mac OS X v10.4.3 update gratis, dapat melewati juga tes standar Acid2.

Mail 2 - versi terbaru klien email Mail.app termasuk di fitur antarmuka Tiger yang diperbarui, "Smart Mailbox" yang memanfaatkan sistem pencarian Spotlight, pengontrolan induk, serta beberapa fitur lainnya.

Dashboard – Dashboard merupakan layer aplikasi mini berdasarkan HTML, CSS, dan JavaScript, yang mengembalikan konsep aksesoris desktop untuk Mac OS. Aksesori ini dikenal dengan istilah widgets. Dashboard datang dengan beberapa widgets seperti Cuaca, Jam Dunia, Konverter Unit, dan kamus / ensiklopedi. Lebih lanjut tersedia secara online dan gratis.

Automator – sebuah tool script yang disebut Automator yaitu untuk menautkan beberapa aplikasi untuk membentuk aliran kerja otomatis yang kompleks (ditulis dalam AppleScript, Cocoa, atau keduanya). Automator hadir dengan library lengkap untuk beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama dalam melakukan pekerjaan Dll.