KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS 8

Sistem Operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 8 resmi diliris Microsoft Pada tanggal 26 Oktober 2012. Rilisnya Windows 8,disambut dengna hangat oleh pengembang aplikasi (developer.) karena meyakini membawa dampak baik dalam hal pengembangan maupun bisnis. Sistem Operasi Microsoft ini diluncurkan dalam 3 versi yaitu Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows 8 RT. Suatu sistem operasi tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi tentang Kelebihan dan Kekurangan Windows 8. Sebelumnya saya ingin bertanya apakah anda sudah tahu Kelebihan dan Kekurangan Windows 8? Jika belum tahu silahkan baca artikel ini sampai Akhir.

Saat ini Microsoft telah membuka took aplikasi online di Windows 8 yang disebut dengan Windows Store. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk mengunduh aplikasi di Windows Store selain itu juga memudahkan para developer untuk mengontrol aplikasi mereka. Dengan Windows 8 pengguna desktop, tablet maupun smartphone akan merasakan hal yang sama. Maksudnya yaitu ketika menggunakan komputer meja maka seolah-olah mengguakan sebuah smartphone atau tablet. Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Windows 8:

KELEBIHAN / KEUNGGULAN WINDOWS 8
Tampilan Windows 8 Lebih Dinamis.
Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email. Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data miliknya Windows, Skydrive.

Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang.
Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar.

Proses Booting yang cepat.
Booting di windows 8 lebih cepat dari windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik. Di windows 8 tidak terdapat lagi flahing layar BIOS.

Windows 8 Lebih Aman.
Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.

Sistem Pencarian Data Windows 8 Lebih Universal.
Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data ditampilkan diawal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkit.

Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung.
Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.

Windows 8 Cocok untuk Semua Software.
Semua software yang dapat dijalankan di windows 7 , juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.

Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh.
Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasian tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.

Spesifikasi hardware yang rendah dan dapat dijalankan di tablet.
Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Saat ini tablet yang beredar kebanyakan memakai chip ARM, sehingga dapat memprluas jangkauan windows 8 di area tablet.

Tersedianya Windows Store.
Windows Store adalah toko aplikasi windows 8. Di windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.

Mendukung Near Field Communications (NFC ).
NFC adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi keuangan digital. Fitur ini kemungkinan besar juga disertakan pada tablet yang memakai Windows 8

Browser Internet Explorer 10.
Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.

KEKURANGAN/ KELEMAHAN WINDOWS 8
Tidak terdapat Tombol Start dan Close X.
Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup kekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi.

Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda harus mendrag dan program baru akan tertutup.

Terdapat Banyak Aplikasi Atau File yang Tersembunyi.
Mungkin hal inilah yang membuat para pengguna windows 8 bingung, sebab ketika beroperasi hanya terdapat dua data/ aplikasi yang dapat terbuka secara bersamaan. Untuk data yang lainnya tersembunyi. Dan untuk membukanya anda harus menggunakan fitur pencarian universal .

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 yang dapat saya sampaikan, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan windows 8 yang lain yang belum saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat.

No comments:

Post a Comment